Dibanding Rokok, Minuman Alkohol Lebih Mematikan

Ghiboo.com - Wanita yang ketergantungan alkohol lebih berisiko mati muda dibandingkan perokok.


Penelitian di Jerman menunjukkan wanita yang ketergantungan alkohol memiliki risiko kematian sebesar 4,6 kali lipat lebih tinggi. Bahkan, risikonya 1,9 kali lipat lebih tinggi dibandingkan pria.


Bahkan, temuan dalam journal Alcoholism: Clinical & Experimental Research ini juga mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi alkohol memotong harapan hidup hingga 20 tahun lebih cepat dari rata-rata usia kematian di masyarakat umum.


"Kebiasaan minum minuman beralkohol memicu kebiasaan tak sehat lainnya, seperti merokok dan obesitas," jelas pemimpin penelitian Ulrich Johm dilansir melalui Healthnews (17/10).


Temuan ini merupakan hasil riset dari University Medicine Greifswald terhadap 4.000 peserta selama 14 tahun.



Tanya Dokter

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.


Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.


Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

POLL

Seberapa rutin Anda berolahraga?

Memuat...
Opsi Pilihan Jajak Pendapat
Rias Wajah