Kunyit Ampuh Memerangi Diabetes

Ghiboo.com - Kunyit banyak digunakan untuk menyedapkan masakan dan menjadi pewarna dalam makanan. Ternyata, rempah-rempah ini juga ampuh memerangi risiko diabetes lho.


Temuan dalam journal Diabetes Care yang dilakukan peneliti Thailand menunjukkan bahwa mengonsumsi dosis harian kunyit selama lebih dari sembilan bulan dapat mencegah risiko diabetes pada orang-orang pra-diabetes.


Pra-diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah penderitanya di atas batas normal, namun belum termasuk diabetes. Jika tidak diatasi, dapat berkembang menjadi diabetes.


Peneliti menjelaskan, senyawa aktif kurkumin yang terkandung dalam kunyit menjadi pahlawannya. Uji laboratorium menunjukkan bahwa kurkumin dianggap efektif melawan peradangan dan kerusakan oksidatif pada sel tubuh. Kedua proses ini dianggap memicu berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2.


"Karena manfaat dan keamanan, kami menganjurkan ekstrak kurkumin dapat digunakan untuk terapi intervensi pada mereka yang pra-diabetes," tutur pemimpin penelitian Somlak Chuengsamarn dari Srinakharinwirot University di Nakomnayok, Thailand, dilansir melalui Reuters (30/7).


Tanya Dokter

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.


Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.


Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

POLL

Seberapa rutin Anda berolahraga?

Memuat...
Opsi Pilihan Jajak Pendapat
Rias Wajah