Yuk, Turunkan Tekanan Darah dengan Konsumsi Jus Bit!

Menurut para peneliti, salah satu cara cepat dan sederhana untuk menurunkan tekanan darah (BP) Anda bisa dengan meminum segelas jus bit.

Yuk, Turunkan Tekanan Darah dengan Konsumsi Jus Bit!

Peneliti dari Baker IDI Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia, menemukan bahwa beberapa jam setelah minum jus bit, sekelompok pria sehat menunjukkan adanya penurunan tekanan darah dengan rata-rata 4-5 poin.

Meski jumlah poin penurunannya masih sedikit, laman WebMD.com menuliskan bahwa “pada tingkat kesehatan masyarakat, pengurangan seperti itu akan setara dengan penurunan 10 persen risiko kematian akibat penyakit jantung.”

“Ini cukup menjanjikan, karena kita bisa melihat efek yang baik dari dosis tunggal,” ujar Dr. Leah Coles. “Efek yang mungkin lebih besar dalam jangka panjang, jika kita mengonsumsi jus bit setiap hari.”

Penelitian ini melibatkan 15 pria dan 15 wanita yang konsumsi 17,6 ons sebuah minuman, yang mengandung sekitar tiga-perempat jus bit dan seperempat jus apel.

Di antara pria dan wanita, tingkat tekanan darah bisa turun dalam waktu enam jam setelah minum jus bit. Tetapi pada pria, penurunan terlihat yang paling signifikan, rata-rata sekitar 4,7 poin di antara peminum jus bit.

Seperti yang sudah diketahui, buah bit mengandung senyawa sehat bagi jantung, seperti vitamin C dan K, serat dan polifenol. Para ilmuwan juga mengklaim bahwa bit memiliki kadar nitrat tinggi, yang kemungkinan bertanggung jawab atas kemampuan untuk mengurangi tekanan darah.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Nutrition Journal. (jay)

BACA JUGA: Ilmuwan Australia Juga Temukan Obat Potensial Pelawan AIDS

BACA JUGA:

Enam makanan penurun tekanan darah
Cara aman makan durian agar terhindar darah tinggi
Empat kebiasaan yang sehat dari hipertensi
Menyusui turunkan risiko tekanan darah tinggi
Waspadai hipertensi pada usia muda


Tanya Dokter

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.


Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.


Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

POLL

Seberapa rutin Anda berolahraga?

Memuat...
Opsi Pilihan Jajak Pendapat
Rias Wajah